Tuesday, January 29, 2008

#473 - Global Warming



Oke deh, saatnya ngerjain PR yang udah menjamur soale udah ngendon lama ga dikerjain. haha... . Dapet dua PR yang serupa tapi tak sama dari Ibu Perfetto dari Belanda aka Yulia dan Ibu Dosen dari Bandung aka Leny, hehe... :) Tema PR-nya sih mirip bgt, ttg lingkungan, tapi yang satu tentang "dosa" kita terhadap lingkungan dan satunya tentang "pahala" atau kebiasaan baik kita yang bagus bagi lingkungan. Udah lah, karena intinya sama aja jadinya aku gabungin aja postingnya, haha...

Ini dia...

1. Kantong Plastik

Aku kalo ke supermarket suka minta kantong plastik lebih tuh, hehe... :) Jadi misalnya yang ini minta didobel plastiknya. Alasan yg dikemukakan sih klasik, takut plastik jebol waktu dibawa (tapi emang pernah kejadian sih plastik jebol, haha... :D). Nah, kantong plastik ini kemudian aku berdayakan loh. Jadi sebagian aku simpen trus buat jadiin tempat sampah. Jadinya tempat sampahku itu aku kasi kantong plastik di dalamnya, jadi gak kotor, dan kalau mau buang kan tinggal ambil seplastiknya aja trus taroh di tempat sampah besar di luar kos, hehe... :) Sebagian lagi sebagai tempat menampung koran bekas. Berhubung saya ini langganan koran harian di Bandung, makanya tumpukan koran bekas ya lumayan menggunung. Plastik2 itu aku berdayakan untuk tempat nyimpen koran untuk dikiloin, hehe... :) Duit hasil kiloannya sih aku sumbangin buat acara-acara himpunan di kampus (soalnya ngiloinnya juga nitip temen sih, hehe... :D). Baik kan?? LOL (apa sih?? :D). Kalo di Jogja sih plastiknya disimpen untuk alasan lain juga, nganter barang. Kan lumayan tuh bisa dipakai sebagai sarana untuk bawa barang untuk di-drop di toko, hehehe... :D

Mungkin ini ikut memacu pemanasan global yah? Soalnya konon plastik kalo dibakar akan menjadi CO2 yang merupakan gas rumah kaca. Wah, tapi mau gimana lagi nih? Ada alternatif lain selain plastik yang praktis untuk tempat sampah dan menampung koran?? :) Sampai saat ini untuk anak kos kayanya blum ada deh (masa pake tas kuliah? Gak banget)

2. Listrik

Aku sih sebenernya cukup hemat loh sama listrik. Kalo ga aku pake pasti aku matiin (kalo gak bener2 lupa bgt, wkwkwkw... ). Walau kalo di kos kabel laptop ga pernah lepas dari colokan listrik... :)

3. Mobil

Haha, kadang2 kalo bener2 lagi suntuk kadang aku juga pergi jalan2 muter2 Bandung naik mobil selama beberapa jam, LOL. Mungkin asap hasil pembakaran mobil ini juga menyumbang sedikit atas pemanasan global yah? Selain itu jg hal ini menyebabkan pengeringan di daerah dompet soalnya bensin jadi cepet "menguap", haha... :) Harus mulai hemat neh sama bensin, apalagi ada wacana mau ada konversi premium atau pembatasan premium?? Grrrr.....

Tapi kalo pergi deket2 aku ga pernah naik mobil sih, kecuali terpaksa, wkwkwkw... . Misal kalo ke kampus ya aku jalan, kecuali kalo gerbang belakang ditutup (males bgt tu kalo musti muter jauh bgt jalan kaki, grrr....)

4. Sampah

Aku sebenernya cukup 'rajin' juga untuk suka membuang sampah di tempat sampah. Kalau aku punya sampah dan mau aku buang dan di tempat itu ada tempat sampah, aku pasti buang disana. Permasalahannya adalah banyak sekali tempat di Indonesia (salah satunya Bandung) yang nggak ada tempat sampahnya. Grrr... . Malah Bandung juga dijuluki sebagai Bandung Kota Sampah kan?? Kalau udah gitu mau gimana lagi? Masa sampa2 mau dibawa? Nggak kan, jadi ya terpaksa dalam kasus ini aku buang dah tuh sampah di sembarang tempat... :( Tapi bener koq, aku ga suka ngelakuin tindakan itu, kalo ada tempat sampah pasti aku buang di tempat sampah... ;)

5. Botol Plastik

Konon katanya ini bisa didaur ulang yah? Haha, aku jg kadang ngumpulin botol bekas plastik yg aku pake trus dikiloin tuh. Sama kaya koran, duitnya aku kasiin ke himpunan tuh... :) Bagus dah, katanya itu botol2 mau didaur ulang... :)

6. Air

Wah, kalo air mungkin aku rada boros, haha... :) Soale kadang aku nyalain tuh shower sambil nunggu air panasnya nyala (di Bandung, kalo di Jogja sih bgitu nyalain langsung ngucur deh tu air panas... :D), kadang kelupaan sampe setengah jam loh!! wkwkwkw.... . Kalo gosok gigi juga seringnya air tetep aku biarin ngalir tuh. Wah...


Hmm, apa lagi ya? Kayanya udah deh sgitu doang, hehe...

Lemparin ni PR gak yah?? Sebenernya males ngelemparin PR, tp berhubung ini PR yang baik (halah), aku lempar aja deh, wkwkwkw... . Orang2 beruntung tersebut adalah Vivi dari Solo, Meli di Taipei, Sherly di Inggris, Sheilla di Jakarta, dan Hazy

Selamat Mengerjakan Yah, wkwkwkw...

No comments:

Post a Comment