Thursday, December 31, 2009

#787 - This Decade's Last Entry

ENGLISH

Well, this entry is the last entry posted this decade of 2000s (2000-2009). I have been blogging for almost half a decade, wow!! I think it's quite an achievement!! :-) This decade has been so colorful for me. Sure I started blogging in April 2005, so what happened around and to me before that month weren't recorded here.

I started this decade as a 6th grader and now I end this decade as a nearly graduated undergraduate student. These last 10 years, time really flies!! I think it might be because I had my secondary school education and above during this decade. I don't know why but I think sometimes I feel 3 years in Junior High School or Senior High School ran really fast. They were not like half the time I spent in Elementary School (6 years), they seemed to be shorter than that (or alternatively, the time I spent in elementary school seemed to be longer than how long it actually was, LOL). The same thing also occured during my undergraduate study. I started as a freshman seven semesters ago and now I am already in the end of it! Wow!! Anyway, a lot of things had happened during this decade, sweet thing, sour thing, good thing, bad thing, and anything else happened which enrich myself. I will always reminisce the 2000s as the decade where I learnt and enriched myself to be a grown-up.

Well, this also means that this is also the last entry in 2009. Looking back, 2009 has been another interesting (and also busy) year. My main "theme" in campus was my thesis. I started 2009 working on my thesis through Seminar Class. The class was continued by thesis class this semester. It was all concluded with my final presentation two weeks ago. I also had fun in 2009.

Looking at the coming 2010, a big challenge is approaching me. I will start 2010 as a graduate. The options of what I can do next are really wide and really serious! I need to really think about what I want to do and what is best for me. Will I start looking for a real job or will I continue my study or will I do something else? The real world is in front of me. Honestly, it looks kinda scary from the place where I am in now but sooner or later I must bring myself in to that world. That's why I need to prepare myself as best as possible. I always pray to God to help me set my direction and make my step to achieve that.

BAHASA INDONESIA

Yah, posting ini adalah posting terakhir dasawarsa tahun 2000an ini (2000-2009). Aku sudah mengeblog selama hampir setengah dasawarsa lho, wow!! Aku rasa lumayan presetasi juga tuh!! :-) Dasawarsa ini benar2 telah menjadi suatu yang berwarna buatku. Ya memang aku baru mulai mengeblog sejak April 2005, makanya apa yang terjadi di sekitarku sebelum bulan itu tidak terekam disini.

Aku memulai dasawarsa ini sebagai murid kelas 6 SD dan kini aku mengakhirinya sebagai seorang yang akan lulus kuliah S1. Sepuluh tahun ini, waktu benar2 cepat berlalu!! Aku rasa mungkin itu karena aku menjalani pendidikan menengah dan lebih tinggi pada dasawarsa ini. Aku tak tahu kenapa tetapi yang jelas kadang aku merasa 3 tahun di SMP ato SMA itu terasa cepat sekali lho. Kayanya waktunya itu nggak seperti setengah waktu yang aku habiskan semasa SD (6 tahun), terasanya jauh lebih singkat dari itu (atau bisa juga sih dipandang waktu di SD terasa lebih lama dari seharusnya, LOL). Hal yang sama juga terjadi di masa perkuliahan. Aku memulai sebagai mahasiswa baru tujuh semester yang lalu dan kini aku sudah ada di penghujungnya!! Wow!! Yah, omong2 ada banyak hal yang terjadi dasawarsa ini, hal manis, hal pahit, hal baik maupun buruk, dan hal-hal lainnya yang telah memperkaya diriku. Aku akan selalu mengingat masa 2000an ini sebagai dasawarsa dimana aku belajar dan memperkaya diriku menjadi seorang manusia yang dewasa.

Yah, ini artinya posting ini juga merupakan posting terakhir di tahun 2009. Menilik kembali, 2009 telah menjadi tahun yang menarik (dan juga sibuk). "Tema" utamaku di kampus adalah skripsi. Aku memulai 2009 dengan pengerjaan skripsi melalui kelas Seminar. Kelas itu dilanjutkan dengan kelas Skripsi semester ini. Semua itu berpuncak pada sidang akhirku dua minggu lalu. Yah, di samping itu tahun 2009 juga sudah menjadi tahun yang asik juga sih.

Menatap tahun 2010 yang akan segera datang, tantangan besar menghadapiku. Aku akan memulai 2010 sebagai seorang sarjana. Pilihan akan apa yang bisa aku lakukan kemudian sangatlah luas dan serius! Aku benar-benar harus memikirkan apa yang ingin aku lakukan dan apa yang terbaik untukku. Apakah aku akan mencari pekerjaan sebenarnya ataukah aku akan sekolah lanjut ataukah aku akan mengerjakan sesuatu yang lain? Dunia nyata kini sudah benar-benar di depan mata. Yah, jujur, dari tempat aku berada kini, itu nampak menyeramkan tetapi aku tahun bahwa cepat atau lambat aku harus membawa diriku masuk ke dalamnya. Oleh karenanya aku harus benar-benar mempersiapkan diriku sebaik mungkin. Aku selalu berdoa pada Tuhan untuk menolongku menentukan arah dan membuat langkah untuk mencapainya.

6 comments:

  1. Happy new year 2010 yah, Ko!!! All the best for 2010. Abundance of blessings come your ways!

    ReplyDelete
  2. Cepat sekali memang....Perasaan aku kemaren masih smp and sekarang hwaaaa dah nenek2x *nangis bombay*

    Abis graduation, mau kemana, Ko?

    ReplyDelete
  3. ::: nie >> Happy 2010 juga, hehe :) Thanks, amen

    ::: dian >> Iya, cepet bgt ya tau2 uda mau 2010, wew....

    Itu dia, sedang dipikirkan masak2 nih, hehehe

    ReplyDelete
  4. hepi niu yer yah ko , iya waktu emang cepat berlalu :D

    ReplyDelete
  5. ::: naki >> Happy new year juga :)

    Iya, betul sekali

    ReplyDelete
  6. gar3fv660

    Feel free to surf to my web blog; electric toothbrush reviews

    ReplyDelete