Sunday, September 12, 2010

#846 - Serious Week and Happy Lebaran

ENGLISH

First of all, I would like to say:

HAPPY LEBARAN

to all people who celebrate it this year :) Please forgive me if I did something wrong. Idul Fitri or Lebaran or Eid Mubarak is not really celebrated here in the Netherlands. In fact, we even had normal days during the Lebaran days.

One main reason why I came all the way to the Netherlands is, of course, to study. And this week, it has officially begun. I got my schedules this semester with classes only on Wednesday, Thursday, and Friday! YEAH! But it means that I have a long Wednesday this semester. About my classes, well, it has been interesting. One class is really pure in mathematics (while its name involves the word "applied" but I think it is not that directly applicative). Another class has been really fun, as we are studying about the really application of mathematics which I had not know before, which is really interesting to know! Well, about the materials, of course it is in higher level(s) than my undergraduate study but I already expected that. I mean, it is obvious that the materials in master studies is in higher level than bachelor studies, right?

Anyway, as I mentioned before, I got an office here. It is really cool, right!! I am not complaining about it, lol. Well, not all masters students get an office, in fact, most of them don't. That is why some friends who know that I got an office envied me, hahaha. Having an office is such an advantage for me as it definitely supports my study a lot. In the office, the atmosphere is much more supportive for me to study than in my apartment. This is obvious since there are more temptations in my apartment (there is my laptop there, a bed, etc). Well, I also get my own computer in my office which is also linked to the internet, but still, the "temptation" is relatively smaller :D

Well, it has been a good week. Last Saturday, my friends and I went to the province of Limburg in the Netherlands. We went to two cities, Roermond and Maastricht. The story (and photos) of this trip will be kept for later entry. :D The weather was so perfect yesterday. Even so, I think we have officially passed summer. Fall has taken over the control of the season, and it is getting cooler and cooler every day.

::: TU Delft's Library

::: TU Delft's Library

::: Open Market in Delft's Centrum

::: Gooses in a canal.

::: Fall has come.

::: Fall and the falling leaves.

::: One spot at Delft at night.

BAHASA INDONESIA

Pertama-tama, aku ingin mengucapkan:

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

bagi semua umat yang merayakannya tahun ini :) Mohon maaf lahir dan batin apabila ada salah ya. Idul Fitri atau Lebaran atau Eid Mubarak tidak terlalu dirayakan di Belanda ini. Malahan, tanggal Lebaran itu, disini merupakan hari biasa.

Satu alasan utama mengapa aku datang jauh-jauh ke Belanda adalah, tentu saja, untuk belajar. Dan minggu ini, hal ini telah resmi dimulai. Aku dapat jadwalku semester ini dengan kelas hanya ada di hari Rabu, Kamis, dan Jumat! YESS! Tapi itu berarti aku memiliki hari Rabu yang panjang semester ini. Tentang kelas-kelasku, yah, menarik tuh. Satu kelas menurutku sangat murni matematikanya (walaupun di namanya sih ada kata applied 'terapan' tapi aku rasa sih nggak seaplikatif itu deh). Kelas lain ada yang sangat menarik dan asyik, karena kami belajar benar-benar aplikasi matematika yang sebelumnya belum aku tahu, dan ini sangat menarik! Mengenai materinya, tentu saja hal ini ada di level yang lebih tinggi dari kuliah S1ku tapi aku sudah menduganya sih. Maksudnya, jelas dong materi S2 tentu lebih tinggi daripada materi S1 kan?

Ngomong2, seperti yang kusebutkan sebelumnya, aku mendapatkan sebuah kantor disini. Ya, keren banget kan!! Aku nggak protes deh, lol. Ya, ternyata tidak semua mahasiswa S2 dapat kantor, malah kebanyakan sih pada nggak dapat kantor. Makanya ketika beberapa teman tahu aku dapat kantor, mereka iri, hahaha. Memiliki kantor sendiri adalah keuntungan banget untukku karena hal ini jelas sangat menyokong proses belajarku. Di kantor, atmosfernya sangat berbeda dan sangat mendukung untukku belajar daripada di apartemenku. Ini jelas soalnya kan ada banyak godaan kalo di apartemen (ada laptopku, ada ranjang, dll). Di kantor memang sih aku dapat komputer yang juga terhubung dengan jaringan internet, tapi tetap aja, "godaan"-nya lebih kecil :-D

Hmm, minggu ini sudah menjadi minggu yang baik. Sabtu lalu, aku dan teman-temanku pergi ke Provinsi Limburg di Belanda. Kami pergi ke dua kota, Roermond dan Maastricht. Cerita (dan foto-foto) tentang perjalanan ini akan aku tulis nanti yah. :D Cuaca juga sempurna banget kemarin. Walau begitu, aku rasa di Belanda ini sekarang sudah resmi meninggalkan musim panas deh. Musim gugur sudah mengambil alih, dan temperatur jadi makin dingin saja.

2 comments:

  1. kantor? maksudnya kerja kantoran gitu? kuliah sambil kerja? atau cuman tempatnya aja? hehehe :)

    gw masih ga bisa bayangin loh math itu di S2 kayak apa hehehe :)

    ReplyDelete
  2. @ Fun : Yup, dikasi kantor gitu. Hmm, gimana ya ngejelasinnya? Biasanya sih mahasiswa S2 emang dikasi kantor, tp kalo uda bikin thesis untuk menunjuang thesisnya itu, nah kebetulan aku dan beberapa teman dikasi kantor dari awal, hehehe. Jadi kita bisa kerja disana (kerja = belajar, bikin tugas, dll). Tapi tar thesis kita bakal memecahkan permasalahan real di perusahaan disini koq sesuai dengan kebutuhan perusahaan tsb, hehe.

    haha, emang ga bisa kebayang koq, soalnya abstrak, jahahaha

    ReplyDelete